Gbr 1. Pelaksanaan PLP FKIP UNS 2024 di SMA Islam 1 Surakarta dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi.
Surakarta, November 2024 – Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan dan mempersiapkan calon pendidik yang profesional, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menjalin kerja sama dengan SMA Islam 1 Surakarta untuk melaksanakan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 2 September hingga 29 November 2024 yang diikuti oleh 26 mahasiswa dari 9 program studi. Nama-nama mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini diantaranya adalah dari Pendidikan Fisika (Neha Oktaviani Astuti, Tarisa Rohyani Sofyatun, Tsania Aulia Wardani), Bimbingan Konseling (Izza Namira Assabila, Nafi Kurnia Saputri), Pendidikan Kimia (Ajeng Widyaningrum, Suwiji Lestari), Pendidikan Biologi (Alifia Ninta Fatiha, Astuti Putri Wiji Handayani, Asyiyah Hasna Hidayati), Pendidikan Sejarah (Annissa Shafa Kamila, Muhammad Syafnat Fu’aini, Wildan Ibnu Anugerah), Pendidikan Geografi (Ahmad Bima Satria Adiatama, Nisa Malinda), Pendidikan PKN (Annisa Dewi Sakuntala, Jihan Fatihah), Pendidikan Ekonomi (Aisyah Yulita Wahyu Putri, Alivia Malica Putri, Alviyan Dwiki Romadhon, Bayu Adi Saputro, Farqana Bamiftah, Sherlyna Cahyaningtyas), Pendidikan Sosiologi-Antropologi (Nayang Locita Afni, Nurul Fathonah, Zaskya Adya Azzahra). Dalam pelaksanaannya, setiap mata pelajaran didampingi oleh guru pamong dan dosen pembimbing. Koordinasi antar guru pamong dipimpin oleh Koordinator Guru Pamong, Drs. H. Mulyono yang juga menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, sementara Koordinator Dosen Pembimbing Lapangan diampu oleh Dr. Sudarno, M. Pd. dari program studi Pendidikan Ekonomi.
Selama kegiatan PLP, mahasiswa berkolaborasi dengan guru pamong masing-masing dalam melaksanakan pengajaran menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi tersebut merupakan pendekatan yang menyesuaikan proses pembelajaran dengan kebutuhan, minat, dan kemampuan siswa yang beragam. Pendekatan ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan mengelola variasi gaya belajar siswa.
Gbr 2. Aktivitas Pembelajaran Siswa-Siswi SMA Islam 1 Surakarta
Gbr 3. Pembelajaran TGT
Dalam pendekatan berdiferensiasi ini, mahasiswa PLP menggunakan berbagai model pembelajaran Inovatif seperti Model Pembelajaran Problem Based Learning, Project Based Learning, Inquiry, Cooperative Learning, Discovery Learning, dll. Selain itu juga pelaksanaannya diintegrasikan dengan pemanfaatan media pembelajaran inovatif dan interaktif guna memaksimalkan pemahaman materi oleh siswa.
Gbr 4. Foto Penayangan Video Pembelajaran
Seperti mahasiswa PLP Pendidikan Ekonomi di kelas X-1, X-2, dan X-3 yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dalam mengajarkan materi kegiatan ekonomi produksi. Siswa dengan gaya belajar visual diajak memahami konsep melalui video edukasi tentang proses produksi. Untuk gaya belajar kinestetik, mahasiswa menghadirkan diorama buatan tangan yang interaktif. Sementara itu, kegiatan diskusi dan pengerjaan soal dalam metode Teams Games Tournament (TGT) dirancang bagi siswa dengan gaya belajar auditori. Pendekatan ini memastikan setiap siswa dapat memahami materi sesuai dengan gaya belajarnya.
Dengan cara ini, mahasiswa PLP tidak hanya mengembangkan kemampuan pedagogis saja, tetapi juga dapat membantu siswa mencapai potensi belajar terbaiknya melalui pendekatan inklusif yang sejalan dengan program SMA Islam Surakarta sebagai salah satu sekolah penggerak di Surakarta yang telah mengadopsi sistem Kurikulum Merdeka dalam kegiatan pembelajarannya.
Gbr 5. PLP UNS 2024
Di samping mengajar, mahasiswa PLP juga diberikan kesempatan untuk terlibat dalam berbagai kegiatan administratif dan kegiatan ekstrakurikuler di SMA Islam 1 Surakarta. Keterlibatan dalam berbagai kegiatan ini merupakan bekal penting dalam membentuk mahasiswa PLP menjadi pendidik profesional yang siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan. Kegiatan ini juga dapat memperkuat hubungan antara FKIP UNS dan SMA Islam 1 Surakarta, untuk terus bersinergi lebih lanjut demi kemajuan pendidikan.